Selamat datang!!!...Wellcome!!!...

Apa yang ada dibenakmu jika dalam waktu bersamaan teman-temanmu mengucapkan ungkapan ”selamat datang” dalam berbagai bahasa???.

Mungkin keren terdengarnya, atau sempat bingung akan artinya, atau kelihatan sok, atau juga malah cuek-ceuk aja. Itu kembali ke masing-masing orang. Namun, bukan disitu masalahnya. Ada satu hal yang menarik dibalik ragam bahasa itu sendiri.

Begini, pernahkah tersirat pertanyaan dalam benakmu. Darimana adanya ragam bahasa itu??? Sejak kapan menyebarnya ragam bahasa itu???kenapa setiap bangsa pasti punya bahasa kebangsaan??? Kenapa bahasa banyak sekali??? Kenapa tidak satu bahasa saja untuk bumi ini, agar lebih mudah??? Memang untuk apa punya banyak bahasa??? Siapa orang yang menciptakan dan membawa bahasa itu, hingga sekarang jadi banyak sekali??? Bagaimana prosesnya hingga seperti sekarang ini??? apa??? Siapa??? Dimana??? Kenapa??? Kapan??? Bagaimana???. Banyak sekali pertanyaan tentang bahasa. Dan, sampai sekarang itu menjadi pertanyaan yang masih sedang kucari jawabannya.

Karena itu aku menulis tentang bahasa. Aku ingin tahu, aku ingin mencari dan ingin mengerti. Aku tak berani memberi jawaban sebelum tahu pasti. Dan lewat tulisan ini, aku akan mencari dengan “langkah bayi”, satu persatu dikupas untuk menemukan jawaban akan ini dan mungkin juga menemukan pertanyaan baru akan ini.

But, aku harap aku tak mencari sendiri. Aku ingin berbagi ilmu berbagi cerita dengan siapapun di manapun. So, tulislah apapun yang kau tahu tentang bahasa, lewat komentar, lewat e-mail, di sini (di blog ini)!!!. Agar lebih mudah ditemukan jawabannya dan lebih cepat disimpulkan sehingga menjadi pengetahuan baru dari pertanyaan tentang bahasa itu sendiri.

“aku berpikir maka aku ada”
Let’s start!!!

Tulisan Selanjutnya, Bahasa.. Oh, bahasa...